Daerah MINAHASA SULUT TONDANO 

Rapat Paripurna Istemewa DPRD Dalam Rangka HUT Minahasa Ke-589

Bagikan!

Minahasa, NirmalaNew.Com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna Istimewa, Dalam Rangka Hari Jadi Minahasa Ke-589, Senin 6 November 2017, Di Gedung Wale Ne Tou Tondano.

Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Dalam Pemaparananya mengatakan, Marilah kita jadikan perayaan HuT Minahasa ini sebagai Kontribusi bagi daerah. Sejarah Mencatat dengan tinta Emas keberadaan Kabupaten Minahasa

Momentum historis ini mengingatkan kita akan karya, Ide dan perjuangan sesepuh pemimpin Minahasa sebelumnya yang sudah selayaknya kita sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan dukungan atas kepemimpinan pemerintah Pusat Presiden RI Ir.Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam memimpin NKRI. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa pun menyampaikan dukungan Kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs.Steven Kandouw dalam kepemimpinannya dengan segala capaian termasuk keberhasilan meraih LPPD.

Dalam Sambutanya Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, Msi mengatakan, Tentunya kita harus memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena tuntunannya kita dapat bersama mensyukuri dan menggelar Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Minahasa ke-589.

“saya mengajak kita semua untuk dapat mensyukuri atas perjalanan Kabupaten Minahasa yang dengan upaya yang lahir dari sinergitas tinggi seluruh element masyarakat, sehingga dapat menapaki hari berbahagia ini,” kata JWS

Pada hari jadi Minahasa kali ini lanjut JWS, menjadi sangat istimewa karena bisa di hadiri langsung Gubernur Ollly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bupati, Walikota, Serta Wakil Walikota yang bisa bersama saat ini.

” Momentum kali ini mengingatkan kita tentang kerja keras Tou minahasa yang telah berjuang membentuk daerah ini, sehingga kita semua sebagai gensrasi penerus dapat merasakan hasil perjuangan kerja keras para pemimpin pendahulu. Sejarah telah membuktikan bahwa tou minahasa telah memberikan sumbangsi terhadap Negara ini, oleh karena itu saya dan Wakil Bupati Minahasa mengucapkan Selamat Hari jadi bagi Kabupaten Minahasa tercinta,” terang JWS

Falsafa pejuang Reformasi Tanah Minahasa Dr. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi yang selama ini kita ketahui bersama yakni Si TOU TIMOU TUMOU TOU yang artinya Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Manusia Lainnya. Yang menjadi pegangan dan motivasi hidup Masyarakat Minahasa, akan selalu di kenang sepanjang masa.

” Kami sadar periode kepemimpinan sudah hampir selesai yang sesuai dengan Undang-undang dimana Kepala Daerah dan wakil hanya memimpin selama 5 Tahun. Terdapat beberapa catatan yang terukir indah dan karena itu saya berterima kasih kepada Pemimpin pendahulu yang telah memberikan yang terbaik dengan mempertaruhkan tetesan darah demi daerah tercinta, untuk itu saat ini saya juga berterima kadih kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur karena telah membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Minahasa,” tukas JWS sembari mengatakan saya berkeyakinan Minahasa akan berubah dan semua pencapaian ini bisa terlaksana karena sinergitas yang ada antara masyarakat dan stakeholders, semoga Tuhan Memberkati Kita semua.

Terpisah Gubernur Sulut Olly Dondokambey.SE Dalam sambutannya mengatakan, pertama-tama tentunya kita memanjatkan Syukur Kepada Tuhan karena bisa menyertai kita semua dapat bersama merayakan Rapat Paripurna Istimewa Yang di rangkaikan dengan HUT Minahasa ke- 589.

” Republik Indonesia Saja Baru 72 tahun merayakan Kemerdekaan, Minahasa menjadi kabupaten Harapan, dimana selama ini tanah ini menjadi sumber penyaluran berkat bagi Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Sulut, termasuk Danau Tondano sebagai sumber air utama yang membantu kelangsungan hidup Bumi Nyiur Melambai,” ujar Dondokambey

Ditambahkannya dari daerah ini lahirlah Kabupaten serta kota lain dan Minahasa menjadi suatu contoh Demokraksi bagi Provinsi Sulut karena sangat luar biasa, Bupati dan Wakil Bupati bisa langgeng sampai akhir masa jabatan.

” Sejak dahulu Pemimpin di Kabupaten Minahasa diajarkan sebaik mungkin dalam memimpin. Berbagai pencapaian telah di goreskan yang menjauhkan kita dari euforia kebanggaan semata, memang kita sadari dalam membangun 5 Tahun tidak Cukup, karena paling sedikit 10 Tahun. Karena itu mari kita tingaktkan kesatuan dan persatuan kita dalam menjaga hal-hal penting yang harus kita jaga,” ujar Dondokambey

Lebih lanjut dikatakannya apapun agenda politik yang akan kita lalui, demokrasi harus tercipta. Apa yang kita lihat saat ini pertumbuhan di Provinsi sulut adalah pencapaiaan yang sangat luar biasa. Diera milenum ini kita harus hati-hati informasi-informasi harus di teliti, jangan sampai kita menyesatkan dengan menginformasikan hal yang tidak benar melalui Medsos dan lainnya.

” Tugas kita sebagai pemimpin adalah memberitahukan kepada masyarakat yang sebenarnya. Marilah kita jaga budaya Minahasa internal dengan Mapaluse khususnya kita menjaga Provinsi Sulut dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), atas Nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat kepada Kabupaten Minahasa yang ketambahan usia Ke-589,” ungkap Dondokambey.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE. Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, Msi, Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Sekretaris Daerah Jeffry Korengkeng, SH, Msi, Walikota Bitung Max Lomban, Wakil Walikota Tomohon Sherly A Sompotan, Kapolres Minahasa AKBP. Christ Reinghard Pusung, Kajari Minahasa Saptana SetyaBudi, Dandim 1310 Minahasa Letkol .Infantri Joubert Nixon Purnama, STh, Ketua DPRD Minahasa, James Rawung, SH,SKPD, Camat, Hukum Tua, serta Hadirin lainnya.(Ndy)

Related posts