Ekonomi & Bisnis Ibu kota Nasional 

Menteri BUMN Mendorong Perusahaan Pelat merah untuk memaksimalkan Dana Belanja Modal

Bagikan!

Nirmalanews.com >>> Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong perusahaan pelat merah untuk memaksimalkan dana belanja modal (capital expenditure/capex). Hal itu dilakukan demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Saya selau bicara dengan Bu Menkeu [Menteri Keuangan Sri Mulyani] atau barengan dengan bapak Presiden [Joko Widodo]. Menkeu selalu menekankan kepada saya bahwa ‘Bu Rini, capex Bu Rini ini masih belum sampai [maksimal] loh. Belum tinggi loh, kalau enggak, pertumbuhan ekonomi kita enggak sampai,” tutur Rini di kantornya, Jumat (7/7).

Rini mengungkapkan, tanggung jawab BUMN tidak hanya sekedar membayar dividen dan pajak kepada negara. Namun, BUMN juga harus berinvestasi demi memberikan kontribusi positif pada perekonomian.

Hal itu bisa dilakukan dengan merealisasikan rencana penggunaan capex yang telah disusun di awal tahun. Jika capex tidak terealisasi dengan optimal, maka pertumbuhan ekonomi bisa tertahan.

“Jadi kalau perekonomian Indonesia ini tidak tumbuh secara positif, kami bisa disalahkan. Itu saya peringatkan, dan itu saya ingin ingatkan terutama kepada direksi BUMN,” ujarnya.

Meskipun tidak menyebutkan angka, ia mengaku realisasi capex bumn pada kuartal I 2017 masih relatif rendah. Karenanya, kinerja perusahaan pelat merah perlu ditingkatkan.

“Ini yang harus kami kejar terus. Memang salah satu persoalan, dalam beberapa hal pembebasan lahan, dan izin-izin yang belum keluar,” ungkapnya

BUMN mencapai Rp475 triliun. Sementara, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen atau naik dari realisasi tahun lalu, 4,79 persen.

Lebih lanjut, Rini juga mengingatkan agar perusahaan pelat merah mampu menjaga asetnya. Tahun ini, pertumbuhan aset BUMN diperkirakan bisa mencapai Rp7.035 triliun atau naik sekitar 11 persen dari realisasi tahun lalu, Rp6.325 triliun.

“Jangan sampai kita kehilangan aset kayak Hotel Borobudur, seperti Grand Indonesia,” pungkasnya.

Sumber : CNN Indonesia

Related posts