Internasional Nasional 

Menlu RI Retno Marsudi Ke Myanmar Bertemu Aung San Suu Kyi,Bahas Krisis Kemanusiaan Rakhine

Bagikan!

Nirmalanews.com – Myanmar>>Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, akan bertemu dengan Penasihat Negara Myanmar, Aung San Suu Kyi, pada hari ini, Senin (4/9), untuk membahas krisis kemanusiaan di Rakhine, tempat bentrokan militer dan etnis minoritas Rohingya berpusat.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Natsir, mengatakan bahwa Retno sudah tiba di Yangon pada Minggu (3/9) malam dan akan bertolak ke Naypyidaw untuk menemui Suu Kyi hari ini.

“Pertemuan akan dilakukan seharian dengan beberapa menteri lain dan akan kembali ke Yangon sore hari,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, melalui keterangan tertulis.

Arrmanatha mengatakan, kunjungan ini merupakan amanah seluruh warga Indonesia yang ingin membantu menyelesaikan krisis kemanusiaan di Rakhine.


Di sisi lain, Retno juga akan berkunjung ke Bangladesh guna membahas penanganan lonjakan pengungsi Rohingya ke negara yang berbatasan langsung dengan Myanmar tersebut.

“Selasa pagi menlu menuju Dhaka guna membahas isu pengungsi,” tutur Arrmanatha.

Berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 27 ribu dari hampir 50 ribu warga Rohingya mengungsi dan melintasi perbatasan Bangladesh sejak pekan lalu.

Kehadiran Retno di sana juga sebagai utusan Presiden Joko Widodo. Retno diinstruksikan berkomunikasi intensif dengan beberapa pihak, seperti Sekjen PBB, Antonio Guterres, dan Ketua Komisi Penasihat Khusus Rakhine, Kofi Annan.

Smbr/nni

Related posts