Catatan Nirmala Citizen Journalism Tekno 

Maraknya Acount Palsu di medsos, Polri Harus Bentuk Tim Cyber Patrol

Bagikan!

Nirmalanews – Banyakanya penggunaan account palsu di jejaring sosial tentunya banyak menimbulkan keresahan bagi masyarakat pengguna medsos.

image

Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang saat ini lagi demam dumay ( dunia maya ) pihak kepolisian harusnya membuat suatu terobosan baru yakni chber patrol  untuk  melakukan patroli di dunia maya guna meminimalisir akan terjadinya perbuatan pidana maupun aksi provokatif melalui medsos.

Dengan maraknya pengguna medsos Saat ini menyebabkan penyebaran informasi melalui  medsos facebook, path, line Watshap dll  sangat cepat dan tak terbendung. Beberapa oknum tidak bertanggungjawab memanfaatkan media untuk menyebarkan isu provokatif dan memicu konflik inilah yang perlu di cegah dan di tindaki secara serius.

image

Cyber patrol dan online investigasi ini  dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan unggahan tulisan atau gambar yang berpotensi  konflik. Sehingga kepolisian dapat mencegah hal tersebut secara dini sebelum menjalar ke para netizen lainya. Terang HJ

” cyber crime investigation center CCIC mabes polri sudah sangat canggih, dan dalam melakukan online investigation serta cyber patrol sangat memungkinkan guna meminimalisir kejahatan di dunia Maya terlebih masalah tulisan dan gambar berbauh provokatif guna pencegahan secara dini.” jika di pandang perlu di lakukanya penindakan, pihak kepolisian harus menindak tegas para pelaku kejahatan di dunia Maya guna menimbulkan efek jera bagi yang lain. Tukas Hj.

Contohnya seperti beberapa kasus terakhir ini yakni kasus Tanjung balai,  pelaku menggunakan medsos guna menghasut warga dan terbukti hasutan melalui medsos sangat cepat pengaruhnya terhadap warga. Di Sulut hal serupa juga terjadi yakni sebuah portal online gerhana85.com memposting berita yang tak benar seolah olah sedang terjadi penistaan terhadap salah satu agama. Hal hal seperti ini harus dapat di atasi dengan segera oleh para cyber patrol.

Mudah mudahan kedepanya pan Kapolri yang baru dapat membuat terobosan ini sehingga bisa di manfaatkan secara optimal subdit subdit cyber crime yang ada di polda masing masing wilayah. ( JH )

Related posts