hukum Politik Politik & Pemerintahan 

KPK Bakal Garap Sernov Senin Besok

Bagikan!

Jakarta – Nirmalanews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Ketua DPR Setya Novanto untuk diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP pada Senin (11/9/2017) pekan depan. Ini merupakan pemeriksaan yang pertama sejak Setnov ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Juli 2017.

‎”Surat panggilan sudah kami sampaikan, kami harap Senin depan memang yang bersangkutan datang, menghadiri pemeriksaan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Febri meminta Setnov untuk memenuhi panggilan tersebut. Pasalnya, penyidik KPK ingin menanyakan sejumlah informasi yang didapatkan dari ratusan saksi yang telah diperiksa untuk tersangka Setnov.

“Kalau ada yang ingin dijelaskan, ada yang ingin dibantah, ada yang ingin diklarifikasi, maka di sini lah ruangnya (pemeriksaan),” ‎ucap Febri.

Febri menegaskan ‎pemeriksaan ini tak ada kaitannya dengan praperadilan yang diajukan Ketua Umum Golkar tersebut. Mengingat, pemeriksaan itu dilakukan hanya sehari sebelum sidang praperadilan Setnov digelar.

“Penyidikan tetap berjalan terus, karena tidak ada satu aturan hukum pun bahwa praperadilan harus membuat proses penyidikan ini berhenti sementara, karena itu kita akan jalan terus,” ‎tegas Febri.

Lebih lanjut, Febri tak mau ambil pusing apabila nantinya Setnov memilih mangkir dari pemeriksaan penyidik lembaga antirasuah. Dia hanya meminta Mantan Bendahara Partai Golkar itu mau menghormati ‎proses hukum.

“Yang pasti kita sudah melakukan pemanggilan secara patut. Tentu saja kita sama-sama hormati proses hukum yang berlaku karena sebelumnya ketika dipanggil (sebagai saksi) yang bersangkutan datang,” tutupnya. (Kricom)

Related posts